Friday, December 13, 2019

Kisah Awal Pertemuan Habib Ali Al-Jufri Dengan Habib Umar Bin Hafidz



Kisah Awal Jatuh Hati Alhabib Ali Al Jufri Kepada Guru Mulia Alhabib Umar Bin Hafidz.

Saya dapatkan kisah ini dari Ustadz Ziad Bakhomis dari Alhabib Ali Aljufri ketika datang ke Tarim pada pernikahan putera pertama Guru mulia Alhabib Umar Bin Hafidz.

Alhabib Ali Al jufri ketika di usia belasan tahun mengabdikan dirinya kepada Alhabib Abdul Qodir Assegaf Jeddah yang beliau anggap sebagai salah satu Guru terpenting.

Saat itu pemuda Tarim bernama Alhabib Umar Bin Hafidz datang pertama kali ke Jeddah mengunjungi Al Habib Abdul Qodir.

Singkat cerita ketika sampai di Jaddah, Al Habib Umar datang kepada sebuah barrodah ( seperti kulkas terbuka untuk minum air yang biasa ada dipinggir jalanan arab,lengkap dengan gelas nya yang terikat dengan tali ke mesin pendingin air tersebut ).

Ketika itu Habib Umar mengisi gelas nya dengan air dan kebetulan tali yang mengikat gelas dan mesin pendingin tersebut sangatlah pendek sehingga orang 2 minum dalam keadaan berdiri. Namun tidak dengan Sayyidil Habib Umar ketika itu,beliau berusaha memaksakan dirinya untuk tetap duduk walaupun keadaan sulit untuk itu. Kejadian inilah yang diam diam dilihat seorang anak bernama Ali Aljufri.


BACA JUGA :



Ia kagum dan bertanya langsung kepada laki laki yang baru pertama kali ia lihat itu. " mengapa kau lakukan itu.?". Al habib Umar menjawab :" ia ,ini merupakan SUNNAH Rasulullah dan aku tidak ingin luput dari Sunnah Rasulullah hanya karena seutas tali" .

Di buat kagum dengan jawaban tersebut maka Habib Ali Jufri datang kepada Guru nya Hbib Abdul Qodir dan menceritakan perihal yang terjadi. Maka Guru nya menjawab, " ia adalah Umar Bin Muhammad Bin Hafidz,seorang yang kelak akan memiliki martabat yang agung,kelak kau ikutlah bersama nya.

Sejak saat itu Habib Ali Aljufri kecil mulai jatuh cinta dengan Guru Mulia muda. Cinta karena Allah. Cinta karena satu sunnah Nabi SAW . Terkadang ribuan kalimat yang kita ucapkan akan kalah dengan satu tauladan yang kita contoh kan.


Semoga kita mendapatkan pelajaran berharga dari kisah ini dan membuat kita mulai untuk tidak minum kecuali dalam keadaan duduk.

No comments:

Post a Comment