Saturday, April 16, 2016

Dialog Rasulullah SAW Dengan Allah SWT

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6350621372319428354#editor/target=post;postID=6771566326892667130;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=4;src=link

Andai kita mengetahui bahwa sebagian dari bacaan sholat itu adalah dialog antara RASULULLAH صلى الله عليه وسلم dengan ALLAH AZZA WAJALLA, tentu kita tidak akan terburu-buru melakukannya di dalam sholat, bahkan terkadang tanpa kita sadari kita telah mengucapkannya begitu saja tanpa perenungan apa-apa.

ALLAHU AKBAR ternyata bacaan sholat itu dapat membuat kita seperti berada di syurga. Pada malam itu, Jibril AS mengantarkan Rasulullah SAW naik ke Sidratul Muntaha. Namun karena Jibril AS tidak diperkenankan untuk mencapai Sidratul Muntaha, maka Jibril AS pun mengatakan kepada Rasulullah untuk melanjutkan perjalanan sendiri tanpa dirinya. Rasulullah pun melanjutkan perjalanan perlahan sambil terkagum-kagum melihat indahnya istana ALLAH SWT hingga tiba di 'Arsy. Setelah sekian lama menjadi seorang Rasul, inilah pertama kalinya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم berhadapan dan berbincang langsung dengan ALLAH Azza wa Jalla. Bayangkanlah betapa indahnya moment ini, Masya Allah.

Percakapan antara Muhammad Rasulullah صلى الله عليه وسلم dengan Allah Subhanahu wata'ala :

1). Rasulullah صلى الله عليه وسلم pun mendekat dan memberi salam penghormatan kepada ALLAH SWT:
ATTAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWATUTH THAYYIBAATU LILLAAH... (Semua ucapan penghormatan, pengagungan dan pujian hanyalah milik ALLAH).

2). Kemudian Allah SWT menjawab sapaannya : ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH. (Segala pemeliharaan dan pertolongan ALLAH untukmu wahai Nabi, begitu pula rahmat ALLAH dan segala karunia-Nya).

3). Mendapatkan jawaban ini, Rasulullah tidak merasa jumawa atau berbesar diri, justru beliau tidak lupa kepada umatnya (ini yang membuat kita sangat terharu).
Beliau menjawab dengan ucapan : ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBADADILLAAHISH SHAALIHIIN. (Semoga perlindungan dan pemeliharaan diberikan kepada kami dan semua hamba ALLAH yang sholih).

Bacalah percakapan mulia itu sekali lagi… itu adalah percakapan Sang Tuhan dan hamba-NYA, Sang Pencipta dan ciptaan-NYA. Lihat betapa Rasulullah صلى الله عليه وسلم mencintai kita umatnya, bahkan beliau tidak lupa kepada kita ketika Beliau di hadapan ALLAH SWT.

4). Melihat peristiwa ini, para malaikat yang menyaksikan dari luar Sidratul Muntaha terkagum betapa Maha Agungnya ALLAH SWT, betapa penyayangnya DIA dan betapa mulianya Rasul-Nya Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Para malaikat pun mengucap dengan penuh keyakinan: "ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH.
(Kami bersaksi bahwa tiada Tuhan selain ALLAH dan kami bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul Allah).

Dan rangkaian percakapan ini diikuti dengan sholawat kepada Nabi sebagai sanjungan dan penghormatan umatnya kepada Beliau. Mudah-mudahan kisah ini bisa menambah khusyu' shalat kita dan menambah kecintaan kita kepada الله dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم .

وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب

Sumber :
Kitab Qissotul Mi'roj

No comments:

Post a Comment