Monday, February 29, 2016

Shalat, Aku Dan ALLAH SWT

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6350621372319428354#editor/target=post;postID=7103029477723728890;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=1;src=link

Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2009-2010an, dan diri gue sendiri yang mengalami kejadian yang boleh di bilang "ajaib" itu. Mungkin bisa juga di bilang ini adalah kejadian yang terjadi di luar akal logika manusia, bahkan jika tanpa perenungan yang mendalam kisah ini akan biasa saja, tapi jika diresapi dan direnungi dalam-dalam maka kita akan tau kemana dan bagaimana Allah SWT mengatur sekenarionya.

Sore itu, seperti biasanya sekitar pukul 17:30an gue pulang kerja, dan pada waktu itu gue kerja belum punya kendaraan alias ngangkot PP (pulang pergi). Ketika itu gue naik angkot menuju terminal pulogadung dan setibanya di terminal ga terasa jam sudah menunjukan pukul 17:45an WIB, sedangkan waktu shalat magrib saat itu adalah pukul 18:00an WIB. Nah kebayangkan, seberapa mepetnya waktu antara gue mau on the way ke rumah atau melaksanakan shalat magrib.

Di sinilah mulainya hati dan fikiran gue galau, risau, campur aduk ga tenang, "mau shalat dulu atau nanti aja pas di mall pondok gede yaah..?", fikir gue. Tapi kalau shalat dulu di mana tempatnya ??, waktu itu gue fikir di terminal pulogadung itu ga ada musholah, karena pas gue nengok sana-sini, kiri-kanan, depan-belakang itu ga ada tanda-tanda yang menunjukan adanya musholah.

Perlu di ketahui, gue ngangkot dari pulogadung naek metromini, trus nyambung lagi di mall pondok gede naek angkot lagi, makannya tadi gue sempet berfikir "shalatnya di pondok gede aja". Setelah gue pastiin dan gue mengira di terminal ga ada musholah, kemudian gue mencoba jalan ke arah depan dengan tujuan mencari bus metromini jurusan pondok gede dan menaikinya. Maka gue melihat ada 1-3 bus yang udah standby di depan. Dengan harapan bus metromini berjalan lebih cepat dan awal, maka gue naik bus yang paling depan alias bus ke 1.

Setelah gue masuk dan mulai duduk di bangku bus metromini dan dengan sedikit H2C (harap-harap cemas) namun lama kelamaan akhirnya gue agak sedikit lega karena berfikir bus paling depan adalah bus yang pasti bakalan langsung jalan. Namun apa yang gue harepin ternyata jauh dari apa yang  semestinya terjadi di fikiran gue. Iyaa,, ternyata semenit, dua menit, sampe bermenit-menit itu bus kagak jalan-jalan, malahan doi mundur trus mundur dan akhirnya mangkal again..SUWE..!

Alhasil setelah tuh metromini mundur buat mangkal N nyari penumpang lagi, akhirnya gue dengan langkah tertatih menuju ke bus metromini yang baris ke-2. Dengan penuh keyakinan dan percaya diri yakin bahwa ini adalah metromini yang bakalan jalan tuk nganter gue pulang. Gue pun duduk dengan sedikit tenang. Dan akhirnyaaaa..?? Damn..!! perlahan-lahan, detik, menitpun berselang, eh tau-taunya tuh supirnya yang suwe malah mundurin mobilnye dan akhirnyaaa mangkaaalllll agaiinnnnn...hadehhh.

Nah setelah itu ga terasa waktu sudah menunjukan pukul 17:59 WIB, gue pun akhirnya memutuskan untuk berjalan jauh ke depan, ke ujung jalan terminal. Lagi-lagi gue berfikir mungkin dengan gue menunggu bus di ujung jalan, gue bisa langsung dapet bus metromini yang gue maksud itu dan bisa langsung cussss. Ternyata ENGGA. ngocolkan. Lagi.. Lagi.. dan lagi diriku menunggu namun tiada kepastian, "Udeh kaya di PHPin sama sopir metromini gue.." dan akhirnya waktu sholat magribpun tiba.


BACA JUGA :

Gue yang saat itu berada di pinggir jalanan, yang juga kaga dapet-dapet bus "pastinya", secara engga sengaja gue melihat sebuah sepanduk lama yang bertuliskan kalimat "Hadirilah shalat idul adha di masjid ....(gue lupa namanya) bersama ustadz.....(gue juga lupa lagi namanya)" engga tau kenapa tiba-tiba terbesit dibenak dan fikiran gue begini, "Biasanya klo ada tulisan iklan pengumuman spanduk kaya gini nih pasti masjidnya ga jauh dari sini nih alias DEKET" dan akhirnya gue pun masuk ke dalam sebuah Gang kecil di pinggir jalanan itu.

Belum lama dan belum banyak kaki gue ini melangkah ke dalem Gang tersebut tau-taunya di sebelah kanan gue berdiri tegak sebuah masjid, "subhanallah" pucuk di cinta ulam pun tiba. Dan akhirnya gue pun menggugurkan kewajiban gue dulu yaitu melaksanakan shalat magrib yang sedari tadi gue nanti-nantikan namun bingung tempatnya tapi akhirnya dapet juga hehehe.

Sholat magribpun selesai, kewajibanpun sudah di gugurkan. Gue pake sepatu gue, dan setelah itu gue lanjutkan perjalanan gue untuk pulang ke rumah yaitu dengan menunggu METROMINI again. Langkah demi langkah kaki ini melangkah menuju keluar dari Gang yang tadi gue masukin. "SUBHANALLAH" LAGI. Baru aja niat mau standby nunggu bus metromini dipinggir jalan yang tadi, engga lama tiba-tiba aja tuh ada bus metromini nyamperin N berenti di depan gue padahal tangan gue belom ngasih aba-aba.

Akhirnya dengan perasaan lega dan bahagia gue duduk di bangku bus sambil senyum-senyum sendirian berfikir dan berfikir sedalam-dalamnya. Oooohhh,, ternyata sedari tadi itu ALLAH SWT sedang bicara ke gue lewat kejadian tadi "fikir gue." Kalo di jabarin lewat bahasa kasar nya gini nih, "Eh mending lu tuh sholat magrib aje dulu di sini, kalo di pondok gede itu lu tuh ga bakalan keburu alias keabiasan waktu magribnye." Nah kurang lebihnya kaya gitu tuh omongannye.

Dari kejadian tadi diatas yang udah gue alamin alhamdulillah gue jadi dapet banyak pelajaran dan hikmah buat gue khususnya, dan umumnya buat yang udah baca blog gue ini. Karena perlu kita ingat, Allah itu memberikan apa yang kita "butuhkan" bukan apa yang kita "inginkan."

So,, selalu berusaha berfikiran positiflah (khusnuzon) kepada-nya, karena segala sesuatu hal yang terjadi kepada diri kita adalah bagaimana prasangka kita terhadap-nya (Allah SWT).

No comments:

Post a Comment