Sunday, March 6, 2016

Dahsyatnya Fadhilah Surah Al-ikhlas

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6350621372319428354#editor/target=post;postID=4873965149833089144;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=0;src=link

 Dahsyatnya Surah Al-Ikhlas

Dari Ibnu Abbas r.a., Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Ketika Aku (Rasulullah SAW) isra' ke langit, maka Aku telah melihat 'Arsy di atas 360.000 sendi dan jarak jauh antara satu sendi ke satu sendi ialah 300.000 tahun perjalanan. Pada tiap-tiap sendi itu terdapat padang sahara sebanyak 12.000 dan luasnya setiap satu padang Sahara itu seluas dari timur hingga ke barat (masyrik ke maghrib). Pada setiap padang sahara itu terdapat 80.000 malaikat yang mana kesemuanya membaca surah Al-Ikhlas.

Setelah mereka selesai membaca surah tersebut maka berkata mereka, "Wahai Tuhan kami, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini kami berikan kepada orang yang membaca surah Al-Ikhlas baik lelaki maupun perempuan."

"Para sahabat kagum tercengang mendengarnya. Lantas Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya, 

”Herankah kamu sahabat-sahabat ku ? 

Mereka menjawab, ” Ya benar, kami heran.” 

Beliau melanjutkan, ”Demi Allah yang diriku di tangan-Nya, “Qul Huwallahu Ahad” tertulis di sayap Jibril A.S. “Allahush Shomad” tertulis disayap Mikail A.S . “Lam Yalid Walam Yulad” tertulis disayap Izrail A.S . “Walam Yakun Lahu kufuan Ahad” tertulis disayap Israfil A.S. Maka barangsiapa di antara ummatku membaca “Qul Huwallahu Ahad” niscaya dikurniai Allah ia pahala orang yang membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al-Quran.”

Kemudian beliau bertanya lagi, ”Herankah kamu, mendengarnya?

Mereka menjawab, ”Ya, benar kami heran.” 

Lantas beliau bersabda, ”Demi Allah yang diriku ditangan-Nya, “Qul Huwallahu Ahad” tertulis di kening Abu Bakar Shiddiq. “Allahush Shomad” tertulis di kening Umar Al-Faruq. “Lam Yalid Walam Yulad” tertulis di kening Usman Zin-Nurain. Dan “Walam Yakun Lahu Kufuan Ahad” tertulis di kening Ali As-Sakhiy. Maka barangsiapa membaca Surat Al-Ikhlas niscaya dikurniai Allah ia pahala Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali.

Sebuah kisah yang terjadi di zaman lampau bahwa seorang lelaki meninggal dunia. Alangkah sedihnya perasaan kedua ibu bapaknya. Maka pada malam setelah anak itu dikebumikan, ayahnya bermimpi melihat anaknya disiksa di dalam neraka Jahannam. Malam ke 2 si ayah bermimpi melihat anaknya sedang bersukaria di dalam syurga. Lalu si ayah bertanya dalam mimpi itu kepada anaknya,

“Semalam aku melihat engkau di dalam neraka, mengapa malam ini engkau berada di dalam syurga? 

Lalu si anak menjawab, “Hari ini ada orang yang lewat dekat kuburku dan ia hadiahkan surah Al-Ikhlas 3x dan pahalanya dihadiahkan kepadaku. Itulah sebabnya ayah lihat saya berada di dalam syurga sekarang.”

Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang maksudnya, “Hai Aisyah, engkau jangan tidur dulu sebelum engkau kerjakan empat perkara :
1. Khatamkan Al-Quran,
2. Jadikan semua Nabi membelamu nanti pada hari kiamat,
3. Jadikan semua orang mukmin rela kepadamu, dan
4. Kerjakan Haji dan Umrah.”
Kemudian Rasulullah pun shalat, sedangkan Aisyah tinggal ditempat tidur.
Selesai Shalat, Aisyah pun berkata : “Rasulullah, tebusanmu ibu dan ayahku, Rasulullah suruh saya mengerjakan empat perkara yang saya tidak sanggup melakukannya pada waktu ini.” Baginda tersenyum, seraya bersabda : ” Apabila engkau membaca Qul Huwallahu Ahad (tiga kali), maka seolah-olah engkau telah mengkhatamkan Al-Quran. Jika engkau membaca shalawat kepadaku dan kepada semua Nabi sebelumku, maka kami nanti akan mensyafaatimu pada hari kiamat. Dan apabila engkau meminta ampunkan orang-orang mukmin, maka tentu semua mereka nanti akan rela kepadamu. Dan apabila engkau membaca “Subhanallah, Walhamdulillah, Walailahaillallah, Wallahu Akbar, maka sesungguhnya engkau berarti telah mengerjakan Haji dan Umrah.”

آللهم صل على سيدنآ محمد وعلى آل سيدنآ محمد

No comments:

Post a Comment